Rabu, 10 Februari 2016

List Kebutuhan Bayi

Sejak hamil oleh dokter, saya mulai searching mengenai kebutuhan bayi dan akhirnya saya merampungkan sebuah list yang sakti ini. Haha.. ^o^ Mungkin list saya ini masih jauh dari sempurna, tetapi bagi saya list ini sudah cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan my baby.  
List 1 


List 2


List 3

List ini saya buat sejak September 2015 & saya update terus sampai sekarang (Februari 2016). Pertama kali saya mulai belanja kebutuhan bayi pada 28 November 2015 di Indonesia Maternity, Baby & Kids Expo (IMBEX). Saya membeli stroller & car seat Doona, serta kasur Baby Bee di IMBEX, saya mendapatkan diskon yang lumayan (kurang lebih sekitar 20%). Haha.. ^o^

Saya baru mulai berbelanja kebutuhan bayi lagi ketika kehamilan saya memasuki 30 minggu pada tanggal 24 Januari 2016. Mivi (Jl. Prof Eykman No 17, Bandung) adalah baby shop pertama yang saya datangi. Disini saya survey harga pompa asi Medela Swing yaitu Rp 2,115,000. Jauh lebih mahal daripada Audrey Cempaka Mas yang memberikan harga Rp 1,750,000. Selain itu, saya juga survey harga breast pad Pigeon isi 66 disini Rp 105,000. Untuk sabun, shampoo & minyak telon Zwitsal harganya lebih mahal Rp 1,000 dibandingkan Bilna. Sebenarnya saya tidak ingin belanja apa-apa dulu disini, tapi misua melihat bak mandi Simba & tertarik membelinya. Harga bak mandi Simba ini diatas budget yang saya siapkan tetapi pada saat saya mau membayar, tiba-tiba ada SPG yang mengingatkan kasir kalau produk Simba sedang diskon 10% sampai akhir bulan Januari. Begitu mendengar ada diskon, saya merasa sedikit terhibur. Haha.. ^o^ Selain bak mandi, saya juga membeli sikat lidah Pumpee, kapas Medisoft, bottle tongs Dr Brown's, dot & tutup botol serta tisu basah Pigeon. Overall, saya merasa cukup nyaman belanja disini tetapi sayangnya baju merk velvet & libby tidak dijual. Tempat parkirnya juga cukup luas, mungkin bisa untuk parkir 10 mobil.

Setelah Mivi, saya melanjutkan belanja di Lavie (Jl. Imam Bonjol No 6, Bandung) pada hari yang sama. Disini saya juga survey harga pompa asi Medela Swing yaitu Rp 1,985,000. Masih lebih murah Audrey Cempaka Mas. Haha.. ^o^ Selain itu, harga baju velvet juga jauh lebih mahal dibandingkan Audrey Cempaka Mas. Langsung saya mengurungkan niat membeli baju velvet disini. Iseng saya liat perlak & saya mendapatkan perlak besar ukuran 70x57cm Rp 22,000. Murah banget ya?  Selain itu, saya juga membeli perlak kecil ukuran 35x30cm Rp 18,000. Kok mahal ya perlak ukuran kecil begini? Ya anggep aja subsidi silang deh. Haha.. ^o^ Saya juga membeli selimut double fleece Carter's, sikat botol Pigeon, sapu tangan Gerber, topi Carter's, dll.  Overall, saya merasa kurang nyaman belanja disini karena penataan yang kurang rapih & SPG yang kurang ramah. Tempat parkirnya luas, tapi sulit untuk mendapatkan parkir karena selalu penuh. 

Belanja kebutuhan bayi selanjutnya di Bilna pada tanggal 26 Januari 2016. Saya membeli Eve Maternity Bra, sabun, shampoo & minyak telon Zwitsal, Cotton Swab Pigeon, Crown Bottle Warmer & sabun cuci baju Sleek. Kenapa saya memilih belanja di Bilna? Setelah saya bandingkan harganya dengan di Mivi, Lavie, Zalora & Lazada, barang yang ingin saya beli lebih murah di Bilna. Selain itu, ada promo free shipping dengan minimum pembelanjaan Rp 200,000. Haha.. ^o^ 

Pada hari yang sama, saya juga belanja di Moxy. Saya membeli Pigeon Diaper Liner yang dapat melindungi kulit bayi dari iritasi yang disebabkan oleh bahan kimia & membantu melindungi kulit bayi dari ruam akibat popok. Selain itu, Pigeon Diaper Liner ini juga mengurangi kerepotan saat mencuci popok kain karena banyaknya kotoran bekas pup atau pipis bayi.

Selanjutnya, saya belanja di Mae Bebe (Jl. Bintaro Utama V EA - 1/5, Bintaro Sektor 5) pada tanggal 28 Januari 2016. Disini saya survey harga pompa asi Medela Swing Maxi yaitu Rp 2,580,000. Lebih mahal Rp 30,000 dibanding Audrey Cempaka Mas. Selain itu, saya juga survey harga jumper velvet untuk new born yaitu Rp 22,500. Jauh lebih murah dibandingkan yang saya beli di Lavie Rp 36,500. Hiks.. -_-   Sedihnyaaaaa.... Akhirnya, disini saya membeli 2 baju velvet kancing depan, 1/2 lusin popok velvet & 2 stel baju tangan panjang velvet. Selain itu, saya juga membeli 3 kaos kaki Carter's & sabun cuci botol Sleek. Overall, saya merasa kurang nyaman belanja disini karena tempatnya yang kecil & penataannya kurang rapih jadi terlihat sumpek, tetapi karena dekat dari rumah & harganya murah, mungkin saya akan belanja disini lagi. Tempat parkirnya hanya cukup untuk parkir 2 mobil, jadi kebanyakan ibu-ibu nya belanja, bapak-bapaknya menunggu di mobil deh. Haha.. ^o^ 

Setelah Mae Bebe, saya melanjutkan belanja di Bebe Love (Jl. Maleo Raya JA 2 No 10, Bintaro Sektor 9) pada hari yang sama. Disini saya survey harga sabun cuci baju Sleek & sabun cuci botol Sleek beserta refillnya. Ternyata disini harganya lebih murah daripada di Bilna. Next time, saya beli refill disini deh. Kan kemarin di Bilna sudah beli botolnya. Haha.. ^o^  Akhirnya, disini saya membeli 3 stel baju tangan pendek velvet, 9 popok kain velvet & 3 perlak waterproof. Uniknya belanja di toko ini ada perbedaan harga jika membeli 1pc, 3 pcs & 6 pcs. Overall, saya merasa cukup nyaman belanja disini karena tempatnya yang cukup luas & harganya tidak berbeda jauh dengan Mae Bebe. Tempat parkirnya tidak terlalu luas, mungkin hanya cukup untuk parkir 3 mobil, tetapi setiap saya melewati Bebe Love ini jarang sekali penuh seperti Mae Bebe.  Haha.. ^o^ 

Finally, saya belanja di Audrey Cempaka Mas yang terkenal di kalangan bumil pada tanggal 30 Januari 2016. Saya sampai ITC Cempaka Mas sekitar pk 11.00 siang, tempat parkirnya masih sepi. Saya langsung mencari toko Audrey yang berlokasi di lantai 3 blok F no 350. Suasana saat itu sudah lumayan ramai, saya langsung mendatangi kasir menanyakan pesanan Medela Swing Maxi saya. Beberapa hari sebelumnya, saya sudah memesan Medela Swing Maxi melalui WhatsApp & mengirimkan dp. Selain itu, saya juga sudah memesan botol kaca BabyPax. Disini misua melihat bantal peyang Baby Bee untuk 0-6 bulan & meminta saya untuk membelinya. Kita bisa membayar menggunakan kartu kredit di Audrey tetapi dikenakan charge. Di baby shop lain, saya tidak pernah dikenakan charge jika membayar dengan kartu kredit. Mungkin karena harga yang diberikan Audrey jauh lebih murah dibanding baby shop lain jadi pelanggan dikenakan charge kartu kredit. Haha.. ^o^ Overall, saya merasa cukup nyaman belanja disini karena tempatnya yang cukup luas & harganya murah. Selain itu, ada 1 SPG yang melayani setiap pelanggan. 

Keesokan harinya, saya belanja di Pigeon Mall Alam Sutra pada tanggal 31 Januari 2016. Tujuan saya kesini untuk membeli Pigeon Silicone Pacifier Step 1. Saya merasa sulit sekali mencari empeng Pigeon step 1 ini. Sebelumnya, saya sudah mencari ke Mae Bebe, Bebe Love & Audrey. Di Mae Bebe & Bebe Love tidak ada barang. Di Audrey ada barang tetapi warnanya pink. Kalau anak saya perempuan sih ga masalah. Haha.. ^o^ Disini harga 3 pak tisu basah isi 70 yaitu Rp 58,200. Lebih murah dibanding Lavie. Akhirnya disini saya belanja tisu basah juga deh demi mencapai nominal pembelanjaan Rp 150,000 supaya bisa menjadi member. Keuntungan menjadi member adalah diskon 20% di bulan yang bersangkutan tersebut berulang tahun. Wah, lumayan ya.. Haha.. ^o^

Next, saya belanja handuk di www.distributorterrypalmer.com. Saya membeli 2 handuk ukuran Terry Palmer Premium Motif ukuran 50x100cm pada tanggal 2 Februari 2016. Disini kita bisa membeli secara eceran ataupun serian (1 seri = 3 warna seriannya). Saya rasa bayi saya cukup punya 2 handuk saja. Kalau nanti perlu, baru beli lagi deh. Haha.. ^o^

Setelah saya mencoba Eve Maternity Bra yang saya beli di Bilna 2 minggu yang lalu & saya merasa cocok, saya pun membelinya lagi pada tanggal 9 Februari 2016. Tetapi saya memilih 1 nomor lebih besar karena akan ada breast pad yang dipasangkan di bra tersebut pada saat masa menyusui. Selain itu, saya juga membeli popok Velvet, stelan tangan pendek Velvet, bedong Velvet, Lactacyd Baby, pospak Merries ukuran new born, Panasonic D-Sterille & Sleek Travel Wash Detergent. Kenapa saya beli di Bilna? Karena setelah saya banding2kan, harga di Bilna tidak berbeda jauh dengan baby shop. Bahkan, belanja di Bilna terkadang bisa lebih lebih murah jika sedang ada promo diskon. Selain itu, saya sebagai bumil tidak perlu capek2 keluar rumah untuk berbelanja, cukup memilih barang yang kita butuhkan dari depan laptop.  Haha.. ^o^

Sekian dulu cerita belanja kebutuhan bayi saya. Nanti saya update lagi kalau ada barang yang saya rasa perlu dibeli. Haha.. ^o^ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar